Home » » 7 Makanan Yang Dapat Mencegah dari Penyakit Diabetes

7 Makanan Yang Dapat Mencegah dari Penyakit Diabetes

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 09.44.00

Sahabat, pada postingan kali ini penulis akan mencoba berbagi tentang tujuh makanan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan diabetes. Teriring sebuah harapan artikel ini dapat mendatangkan manfaat baik bagi penulis maupun kepada pembaca sekalian yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi juga tidak memiliki rasa cukup dengan ilmu, pengetahuan, dan wawasan yang telah dimiliki. 

Selamat Membaca,,,

Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak dialami orang. Bahkan penyakit ini termasuk ke dalam penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian di bawah stroke dan jantung. Ketika seseorang memilih melangkah untuk mengendalikan dan mencegah diabetes bukan berarti segala hal menjadi serba terbatas. Akan tetapi mengatur pola makan, gaya hidup dan olah raga yang dilakukan secara rutin dapat menjadi beberapa cara yang dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan diabetes.


Di bawah ini adalah 7 makanan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan diabetes. Umumnya, makanan yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes adalah makanan yang mengandung kadar glikemik yang rendah dan mengandung nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh. Beberapa makanan itu yaitu:

1. Kacang-kacangan
Berdasarkan beberapa penelitian telah terbukti bahwa orang yang membiasakan diri untuk memakan kacang secara rutin mengalami penurunan resiko diabetes sebesar 21 %. Selain itu kacang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Satu ons kacang juga dapat menjadi sumber lemak yang sehat dan dapat mengurangi rasa lapar bagi seseorang yang memakannya.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes, terutama sayauran yang berdaun gelap seperti bayam, brokoli, sawi, dan selada. Sayran hijau dapat menjadi penghasil tenaga yang rendah kalori dan karbohidrat. Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 1 porsi sayuran hijau dapat mengurangi resiko diabetes sebesar 14 %.

3. Oatmeal
Oatmeal/havermut atau bubur gandum mengandung serat yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dan mengontrol gula darah sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah resiko diabetes.

4. Putih Telur
Putih telur adalah makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan dan menegah diabetes karena mengandung protein yang tinggi dan rendah karbohidrat.

5. Ikan
Ikan dapat merangsang untuk menghasilkan insulin, karena mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Ikan juga bermanfaat untuk menurunkan konsentrasi kadar glukosa yang bermanfaat untuk mencegah resiko diabetes.

6. Buah Jeruk
Orang yang terkena diabetes cenderung memiliki kadar vit C yang rendah, sehingga buah jeruk menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes karena kaya akan vit C.

7. Teh Hijau
Teh hijau dilapisi dengan flavonoid yang menjadi pelawan inflamasi yang dapat meningkatkan aktivitas insulin.

7 Makanan di atas adalah makanan yang memiliki manfaat untuk mencegah dan mengendalikan diabetes akan tetapi tentunya masih banyak makanan yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes.

Terima Kasih,,, semoga bermanfaat,,,


0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat kami harapkan untuk perubahan ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kesalahan maupun kekurangan kami