Home » , , » Dampak Negatif Iri Hati Terhadap Kesehatan Manusia

Dampak Negatif Iri Hati Terhadap Kesehatan Manusia

Written By Unknown on Sabtu, 16 November 2013 | 19.30.00

Sahabat, pada postingan kali ini penulis akan mencoba berbagi informasi yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Judul postingan kali ini yaitu "Dampak Negatif Iri Hati Terhadap Kesehatan Manusia". Mengingat bahwa iri hati merupakan salah satu penyakit hati yang disadari ataupun tidak memiliki banyak dampak negatif terhadap kesehatan jasmani maupun rohani kita. Semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan serta wawasan lebih bagi kita, sehingga kita dapat berusaha untuk menjauhi penyakit ini dan melangkah ke arah yang lebih baik.

Selamat membaca,,,

Iri hati merupakan salah satu penyakit hati dari sekian banyak penyakit yang memiliki banyak dampak negatif terhadap kesehatan jasmani maupun rohani kita. Orang yang memiliki penyakit ini merasa tidak senang ketika orang lain mendapat suatu kebahagiaan dan kesuksesan. Dalam arti orang yang memiliki penyakit ini merasa tidak senang dengan kebahagiaan dan kelebihan orang lain dan berkeinginan untuk menghancurkannya. Semoga kita terhindar dari penyakit yang satu ini.

Kita mengenal ada istilah SLOS (Susah lihat orang lain senang) dan SLOS (Senang lihat orang lain susah), semoga kita tidak memiliki sifat ini


Nabi telah bersabda dalam salah satu hadits, " Jauhilah oleh kamu hasud (iri hati), karena sesungguhnya hasud (iri hati) akan memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar".
Jika kita mengambil hikmah dan peringatan dari hadits ini, maka sudah jelaslah bahwa iri hati akan membawa banyak dampak negatif terhadap orang yang memilikinya. Kebaikan tidak hanya mencakup amal perbuatan yang telah dilakukan, akan tetapi juga mencakup kesehatan jasmani maupun rohani seseorang.

Penyakit iri hati akan mengakibatkan stres secara berlebih, sehingga memacu pengeluaran hormon-hormon seperti hormon adrenalin dan kortisol. Akibatnya akan terjadi peningkatan glukoneogenesis dan aktivitas lain yang memacu kerja jantung, ginjal, dan lever. Disamping itu akan memacu pengeluaran sam lambung yang berlebih yang tentu saja akan mengganggu pencernaan.

Orang yang memiliki penyakit ini, otmatis hidupnya akan jauh jauh dari ketenangan dan ketentraman. Ia akan selalu merasa tidak tenang dan gelisah ketika ada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan, kelebihan, dan kesuksesan. Akibatnya rasa iri yang berlebihan dan terus-menerus akan merusak tatanan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan metabolisme rate. Akhirnya, manifestasi dari penyakit ini adalah adanya rasa gelisah, berdebar-debar, suhu tubuh meningkat, banyak kencing, mual, dan perut kembung. Apabila hal ini terus terjadi, lambat laun akan menyebabkan penyakit jantung koroner, gondok, lever, ginjal, dan dispepsia, bahkan dapat beresiko terkena penyakit kanker.

Oleh karena itu sahabat pembaca sekalian, "Hidup adalah suatu pilihan (Life Is Choice)" merupakan suatu kata yang sering kita dengar, membutuhkan usaha keras untuk diamalkan, akan tetapi sangat mudah untuk kita lupakan. Kita dapat memilih menjadi orang yang memelihara rasa iri hati di dalam dirinya, maka segala konsekuensi yang telah disebutkanpun akan didapatkan. Atau kitapun dapat memilih menjadi orang yang membuang jauh-jauh rasa iri hati sehingga yang kita dapatkan adalah ketentraman dan ketenangan hidup meskipun banyak orang yang berusaha untuk menjatuhkan kita.

"Berusaha untuk tetap melangkah meskipun ribuan orang berusaha untuk menjatuhkan"

Sahabat, mungkin sekian yang dapat penulis sampaikan pada postingan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat sekaligus dapat mengingatkan kepada kita akan bahaya dari memelihara sifat iri hati atau dengki.

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat kami harapkan untuk perubahan ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kesalahan maupun kekurangan kami