Home » , » Makna Kesabaran

Makna Kesabaran

Written By Unknown on Selasa, 30 Juli 2013 | 23.26.00

Sahabat, saya berharap postingan ini dapat bermanfaat dan sedikit banyaknya membuat kita mengerti dan memahami makna dari kesabaran sehingga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk menghadapi segala rintangn kehidupan dengan sikap sabar.

Selamat membaca,,,,

Kesabaran memiliki makna yang sangat luas, kesabaran merupakan suatu sikap menerima dengan lapang dada dan penuh keikhlasan terhadap apapun yang menimpa diri baik dari suatu yang dicintai maupun sesuatu yang dibenci.



Kesabaran sangat erat kaitannya dengan iman, karena iman sangat berkaitan dengan ujian yang menimpa diri. Dan setiap iman pasti akan diuji. Berkaitan dengan ujian ini, Allah swt. telah berfirman dalam suatu kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya yaitu kitab Al-Qur'an. 

" Dan kami pasti akan menguji kamu sekalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berilah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar". (Q.S. Al-Baqarah : 155).

Ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, kehilangan jiwa, dan gagal panen, merupakan sebagian dari musibah yang Allah swt. ujikan kepada kaum mukmunin. Tentunya dengan ujian ini diharapkan kaum mukminin dapat menghadapinya dengan penuh kesabaran bukan dengan keputus asaan. Dan dengan ujian inilah seorang mukmin dapat lulus ujian dan mendapat derajat kemuliaan yang lebih tinggi.

Sabar terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu:
1. Sabar dari maksiat kepada Allah swt.
2. Sabar terhadap musibah 
3. Sabar terhadap kehidupan dunia
4. Sabar untuk ta'at kepada Allah swt.

Apabila seseorang telah memiliki kesabaran maka ia akan diwarisi keridhaan terhadap qadanya. Tanda ridha adalah tentramnya hati terhadap segala sesuatu apapun yang menimpa diri, baik dari sesuatu yang dicintai maupun yang dibenci.

Baca lebih lanjut,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat kami harapkan untuk perubahan ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kesalahan maupun kekurangan kami